Hari H

Jumat, 12 Oktober 2018

Hari ini aku akan pergi menonton Stray Kids di JIEXPO Kemayoran. Acaranya dimulai pada jam 18.00 tapi sejak pagi sudah ada yang antre untuk masuk ke dalam venue. Dikarenakan hari ini aku ada satu mata kuliah hingga jam 10.00, jadi aku masuk kuliah. Seusai pulang kuliah aku berniat ingin langsung pergi ke JIEXPO karena aku mendapat informasi bahwa keadaan disana belum terlalu ramai, tapi aku lupa kalau aku menonton dengan adikku yang pada hari itu sedang pembagian rapot tengah semester. Alhasil aku menunggu dirumah sampai adikku pulang sekolah sambil melihat kembali barang bawaan untuk keperluan disana dan iseng-iseng membuka sosial media Twiter untuk mencari informasi tentang keadaan dan suasana disana. 

Adikku sampai di rumah sekitar jam 12.25 dan ia langsung bersiap-siap. Pada pukul 13.00 kami berangkat ke JIEXPO menggunakan go-car. Dikareakan jarak yang cukup dekat, kami sampai di JIEXPO pada pukul 13.32 dan benar saja, keadaan disana sangatlah ramai dan padat. Sebelum masuk ke dalam venue, kita harus antre untuk melakukan pemgecekkan barang yang pada saat itu antreannya sudah sangat panjang tapi aku tidak langsung masuk ke dalam antrean, melainkan aku berfoto dulu dengan banner Stray Kids. 

      




Sesudah aku puas berfoto dengan banner Stray Kids, kita berdua langsung menuju ke antrean dibawah tenda yang ternyata sudah sangaaaat panjang dan akhirnya kita tidak kebagian antre dibawah tenda. Lalu aku bertanya di grup whatsapp apakah ada orang didalam grup ini yang antreannya sudah sampai depan, lalu Salma membalas bahwa ia sudah dibarisan depan dan akan masuk ke antrean pengecekan barang. Tak lama setelah itu, aku dan adikku menghampiri Salma dibawah tenda dan 5 menit setelahnya kami bertiga langsung antre untuk pengecekan barang.

Ketika berada didalam antrean untuk pengecekan barang, aku terpisah dengan Salma karena gate kita berbeda lalu aku bertemu dengan salah satu teman sekelasku di kampus dan aku menyapanya. Sayangnya kita tidak masuk ke venue bersama karena jarak antrean kita yang berbeda lumayan jauh. Aku dan adikku menunggu hingga jam 5 sampai akhirnya kami selesai melakukan pengecekkan barang dan masuk ke dalam venue. Ketika aku baru masuk, aku kaget karena bagian depan sudah hampir terisi penuh. Aku dan adikku mendapat bagian tengah dan tidak terlalu belakang sehingga kami dapat melihat artis-artis yang sedang tampil dengan jelas.

posisi awalku yang berada ditengah-tengah


Artis pertama yang tampil adalah band rock asal Thailand dan aku sangat menikmati penampilan mereka karena aku sangat suka dengan genre musik rock. Artis kedua merupakan penyanyi terkenal asal Amerika Serikat, yaitu Anne-Marie. Ia sukses memeriahkan suasana didalam venue dengan membawakan 8 lagu. Selanjutnya adalah penampilan artis Korea kesukaanku, yaitu Stray Kids. Ketika mereka memulai penampilan dengan membawakan lagu "District 9",  semua penonton saling berdorong dan berebut ingin melihat Stray Kids secara jelas. Kerusuhan terus terjadi hingga Stray Kids selesai bernyanyi. Mereka mengucapkan slogan grup mereka dalam bahasa Indonesia yang kira-kira seperti ini "Satu, Dua. Step Out! Halo, kami Stray Kids."






Kondisi penonton saat itu masih sangat rusuh dan kacau tapi tidak ada satu pun petugas yang menangani kerusuhan ini sehingga Stray Kids lah yang mengatur barisan penonton bagian depan, namun mereka gagal merapihkan barisan penonton bagian belakang dan Stray Kids sendiri kebingungan harus berbuat apa lagi. Sang leader, Bang Chan, berkata mereka tidak akan melanjutkan untuk tampil apabila Stay (sebutan bagi penggemar Stray Kids) masih rusuh dan kemudian ia beserta 8 anggotanya keluar dari panggung. 

Kondisi ku yang berada dibagian tengah seketika mengalami sesak napas karena terjepit oleh penonton dibarisan yang depan meminta kita untuk mundur, sedangkan penonton dibarisan belakang mendorong orang-orang didepannya agar mereka bisa maju. Kami semua yang berada dibarisan tengah tidak bisa bergerak sama sekali dan banyak dari kami yang pingsan karena dehidrasi dan kekurangan oksigen. Aku sempat kehilangan adikku dibarisan penonton namun tak lama kemudian aku menemukannya lagi, sedang terjepit dan hampir pingsan. Disini aku mencoba untuk tidak pingsan sambil memegangi tangan adikku dan menjaga satu anak kecil disampingku yang sedang nangis karena dadanya sakit akibat terjepit. Barisan penonton perlahan-lahan dapat dikendalikan dan adikku pindah ke barisan paling belakang guna menghindari dorong-dorongan penonton sedangkan aku masih bertahan ditempat karena aku ingin melihat Stray Kids secara dekat dan jelas.

Selang 20 menit, barisan penonton kembali kondusif dan banyak penonton dari barisan depan yang keluar karena tidak kuat dan aku akhirnya maju hingga jarakku dengan panggung menjadi cukup dekat. Sebelumnya ada salah satu Stay yang mengambil alih mikrofon dan meminta kepada penonton agar ketika Stray Kids sedang tampil, handphone harus dimasukkan ke dalam tas dan jika ingin memotret atau mengambil video, jarak handphone harus sejajar dengan mata kita dan tidak boleh mengangkat handphone diatas kepala. Kita semua setuju. 

Tidak lama kemudian, Stray Kids pun kembali ke atas panggung dan membawakan lagu "My Pace". Selama mereka menampilkan lagu "My Pace" tidak ada penonton yang mengeluarkan handpone-nya. Aku yang pada saat itu berada dekat dengan panggung sangat bersyukur sekali sampai aku menangis ditempat karena aku dapat melihat wajah mereka dengan sedekat dan sejelas itu. Tangisanku semakin menjadi-jadi setelah aku melihat wajah salah satu member favoritku, yaitu Hyunjin. Entah mengapa air mataku terus mengalir hingga pertengahan lagu dan aku langsung mengeluarkan handphone ku untuk mengabadikan momen tersebut. 

    



Acara tersebut kemudian berjalan dengan lancar sampai Stray Kids menampilkan 5 lagu berturut-turut. Stray Kids terlihat sangat senang dengan sorak-sorai para penggemar mereka malam itu. Aku saat itu masih dalam keadaan menangis dan dengan kondisi imun yang baru saja sembuh dari sakit tenggorokan, terus-terusan berteriak kencang dan berlompat-lompat karena bahagia.

Tiba dipenghujung penampilan, Stray Kids tak lupa membawakan lagu hits mereka yang berjudul "Hellevator". Stay kembali berteriak kencang dan melantunkan fanchant bersama-sama. Setelah penampilan tersebut, Stray Kids langsung mengucapkan terima kasih dan mengucapkan slogan grup mereka dalam bahasa Korea. Setelah mereka keluar dari panggung, aku langsung pindah ke bagian belakang yang ternyata sangat kosong sehingga aku bisa duduk dan istirahat disana. Aku lanjut mendengarkan lagu-lagu yang dilantunkan oleh TULUS dan DJ ternama Alan Walker sambil duduk dibagian belakang. 

Dikarenakan aku sudah lelah, akhirnya aku dan adikku memutuskan untuk keluar dari venue pada jam 21.10 dan duduk diluar sambil meminum air mineral dan juga soda. Iya, aku minum dua minuman sekaligus. Disini aku berniat untuk bertemu dengan teman-temanku dari Twitter dan dari grup Whatsapp tapi kebanyakan dari mereka sudah pulang setelah Stray Kids tampil jadi pupuslah harapanku untuk bertemu mereka. Aku kembali ke rumah dalam keadaan lelah pada pukul 22.00 dan langsung melihat kembali foto-foto dan video yang aku abadikan. Kalian harus tau, semua fotoku blur. Aku sempat sedih tapi setelah melihat kuliatas video ku yang lumayan bagus aku jadi tidak sedih lagi.

Daaaaan begitulah keseruan ku menonton acara festival musik Spotify On Stage. Mulai dari merasa bahagia, lelah, dan marah sekalipun, aku tetap menikmati acara tersebut sampai habis. Semoga di acara berikutnya, Spotify Indonesia dapat kembali mengundang artis-artis ternama dunia dan juga meningkatkan sistem management mereka agar menjadi lebih baik lagi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Hwang Hyunjin

Edisi Stray Kids: Dua Hari Sebelumnya